ZDNDROID - Dalam desain grafis, salah satu komponen pentingnya adalah warna. Terdapat banyak sekali pilihan warna yang bisa dipakai, akan tetapi harus disesuaikan dengan konsep karya yang akan dibuat dan juga untuk produk atau keperluan apa.
Warna bukan hanya membangkitkan estetika kita atau menunjukkan kepribadian kita di mata orang dalam melihat sebuah karya, warna identik dengan keseharian dan kebiasaan maupun jati diri seseorang. Sehingga warna bisa menjadi sarana untuk lebih mempertegas, memperkuat kesan/tujuan dari sebuah karya desain grafis.
Nah maka dari itu, kali ini saya akan membahas mengenai makna atau simbolisme dari berbagai warna. Tiap warna memiliki makna masing-masing, dengan begitu ketika anda ingin memilih warna untuk merek atau karya desain anda, maka harus disesuaikan dengan tujuan dari merek atau karya desain tersebut. Maka pemilihan warna menjadi komponen yang vital dalam membentuk merek dan menyampaikan pesan karya desain anda.
1) Merah - Gairah, Enerjik & Kekuatan
Seringkali merah diartikan sebagai darah dan kekerasan. Namun warna merah juga bisa diambangkan sebagai kekuatan, enerjik, gairah dan juga antusiasme dalam berbisnis. Salah dua merek yang memakai warna merah adalah YouTube dan Pinterest dimana mereka sangat bergairah dalam terus mengembangkan platform mereka masing-masing.
2) Biru - Ketenangan, Bertanggung Jawab, Dapat Dipercaya & Profesional
Banyak sekali perusahaan atau merek yang bergerak dalam bidang yang melibatkan penyimpanan data atau keungan penggunanya. Sebut saja Facebook, Twitter dan bank BCA, mereka memakai warna biru karena ingin menunjukkan kesan bahwa mereka profesional, bertanggung jawab dan dapat dipercaya. Warna ini diasosiasikan dengan langit dan laut yang memberikan kesan ketenangan.
3) Kuning - Ceria, Keramahan & Menyenangkan
Kuning merupakan warna yang cerah dan ringan. Dalam penggunaannya, warna kuning sering dipakai untuk menunjukkan kesan ceria, menyenangkan dan keramahan. Dengan begitu, warna kuning mudah untuk menarik perhatian, makanya pita polisi dan rambu lalu lintas kebanyakan berwarna kuning supaya menarik orang untuk melihatnya.
4) Hijau - Alami, Segar, Bermartabat & Kekayaan
Warna hijau memiliki dua arti yang umum, yaitu alam dan lingkungan serta uang dan kekayaan. Jika dihubungkan dengan alam dan lingkungan, hijau di sini memiliki makna alami, organik dan segar. Jika dihubungkan dengan warna uang (Uang Amerika) maka akan bermakna kekayaan dan bermartabat. Warna ini cocok digunakan untuk merek kesehatan, makanan dan pariwisata.
5) Ungu - Kerajaan, Keagungan, Kemewahan & Misterius
Warna ungu merupakan hasil perpaduan warna merah dan biru. Warna ini diasosiasikan dengan keagungan kaum bangsawan dengan kemewahan yang misterius. Warna ungu lebih baik jika digunakan untuk merek dengan target pasar wanita, karena warna ungu lebih menarik perhatian mereka. Salah satu merek ternama yang memakai warna ungu adalah Cadburry, sebuah perusahaan cokelat ini memang ingin menunjukkan kesan kemewahan dari produknya.
6) Orange - Muda, Kreatif & Petualang
Warna orange identik dengan jeruk yang kaya akan Vitamin C, yang membuat warna ini terkesan segar dan sehat. Selain itu, warna orange juga memberikan kesan ramah dan bersemangat. Warna ini cocok digunakan untuk merek yang ingin menampilkan kesan muda, kreatif dan berjiwa petualang.
7) Cokelat - Alami, Sederhana, Jujur & Kenyamanan
Warna cokelat mampu memberikan kesan gagah terutama ketika diterapkan di produk-produk untuk pria. Selain itu, warna ini juga memberikan kesan kenyamanan, sederhana, jujur dan alami. Meski sederhana, namun warna cokelat juga bisa menampilkan kesan elegan.
8) Hitam - Canggih, Formal, Mewah & Kuat
Dalam penggunaan warna hitam, jika dilihat dari sisi negatifnya, warna ini bermakna kejahatan atau sesuatu yang kotor. Namun jika dilihat dari sisi positifnya, warna hitam mampu memberikan kesan klasik, canggih, formal, mewah, serius dan juga kuat.
9) Putih - Murni, Sederhana & Minimalis
Warna putih dilambangkan sebagai kemurnian, kesucian, damai dan bersih. Dalam karya desain, biasanya warna putih digunakan sebagai latar belakang untuk memberikan kesan aestetik minimalis dan bersih. Warna ini cocok digunakan untuk menyampaikan pesan kesederhanaan, kemurnian dan transparan.
Nah itu dia makna dari beberapa warna dalam desain grafis. Pastikan dalam pemilihan warna, anda harus memilih warna yang sesuai dengan pesan dan kesan yang ingin disampaikan.
0 Comments